Implementasi Texture Mapping Pada Objek Batu
Implementasi
Texture Mapping Pada Objek Batu
Nama
Kelompok :
Anomsari ( 51414419 )
Defiyanto Putra Dipo ( 52414641 )
Ilham Maulana ( 55414181 )
Muhammad Farras Avianto ( 57414230 )
Rohmat Gunawan ( 59414780 )
Texture
Mapping
Texture mapping adalah sebuah metode untuk menambahkan
detail, teksture permukaan ( a bitmap atau raster image ), atau warna yang akan
dihasilkan computer grafis atau model 3D. penerapannya pada grafis 3D dirintis
pertama kali oleh Dr Edwin Catmull di gelar Ph.D. tesis 1974.
Mapping sendiri adalah sebuah bentuk kegiatan untuk
melakukan pewarnaan atau memetakan permukaan geometri pada objek 3D. Sedangkan
Maps adalah bentuk gambar atau warna yang digunakan untuk melapisi objek 3D
pada saat dilakukan mapping. Dengan kata lain pemetaan texture merupakan
pemberian sebuah gambar pada permukaan objek sehingga objek akan tampak
realistis. Texture mapping memungkinkan untuk menaruh gambar pada geometric
primitive tersebut dan sekaligus mengikuti transformasi yang diterapkan kepada
objek.
Pada kesempatan kali ini kami akan membuat sebuah
objek berupa batu untuk menjelaskan tentang texture mapping pada objek yang ada
disekitar kita agar lebih mudah untuk kita pahami.
1. Pertama kita akan membuat sebuah objek batu dari
iconshere dengan cara tekan “Shift+A” dikeyboard, dan dibentuk agar bentuknya menyerupai
objek batu sesungguhnya.
2. Bila kita telah mendapatkan bentuk yang kita inginkan,
maka kita tambahkan sebuah material baru untuk kemudian kita tambahkan sebuah
texture baru untuk batunya nanti.
3. Selanjutnya kita tambahkan Modifier nya dengan cara “
Pilih Menu Modifier – Add Modifier” disini kita menggunakan 2 macam modifier
yaitu Subsurf, dan Displace. Modifier
ini digunakan untuk memperhalus tampilan maupun texture yang kita berikan
nantinya.
4. Kemudian kita ubah editor viewnya menjadi tampilan node editor
dengan tampilan cyles render, proses material dan texture ini dilakukan secara
manual karena agar objek dapat di
tambahkan seperti texture , imaging compositing ,warna , material sesuai
keinginan kita sehingga objek terlihat lebih
realistis.
5. Jika sudah berhasil tahapan-tahapan diatas maka kita
bisa “F12” atau pilih tab rendered seperti gambar dibawah ini, saat berhasil
maka akan terlihat hasil rendering seperti berikut ini.
Komentar
Posting Komentar