Implementasi Fungsi Modifier Boolean Pada Blender


Constructive Solid Geometry (CSG) adalah suatu teknik yang digunakan dalam solid modeling serta sering kali namun tidak selalu, digunakan dalam komputer grafis 3D dan CAD. CSG memungkinkan modeler untuk membuat objek atau permukaan yang kompleks dengan menggunakan operator Boolean untuk menggabungkan objek tersebut. Dalam beberapa kasus, CSG ditampilkan dalam jaring-jaring polygonal dan mungkin juga prosedural atau parametrik.
Benda padat yang paling sederhana untuk ditampilkan disebut primitif  yang biasanya berbentuk objek sederhana seperti kubus, prisma, silinder, piramida, bola dan kerucut.
Sebuah objek dibangun dari sebuah primitif dengan cara Operasi Boolean yang terdiri dari union, difference, dan intersect. Dan berikut ini adalah pembuatan CSG dengan operasi Boolean menggunakan software Blender.



-         Objek dasar yang digunakan
Objek dasar yang digunakan untuk melakukan fungsi Modifier Boolean terdapat Persegi Panjang dan Ico Sphere pada Gambar 1 dan objek dasar yang sama yaitu piramida pada Gambar 2. Untuk menggunakan fungsi Modifier Boolean dapat menggunakan  Modifier -> Boolean -> Seleksi salah satu objek -> pilih operasi (union, difference, intersect) -> pilih nama objek yang akan digabungkan -> Klik Apply.






                            Gambar 1


                             Gambar 2




1.     Union

Union merupakan fungsi Boolean dimana objek A dan Objek B digabungkan menjadi satu bagian atau satu objek yang utuh. Union dapat menggabungkan beberapa buah objek menjadi satu buah objek yang utuh. Objek yang telah di union akan menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan lagi, untuk itu hati-hati dalam melakukan union, cek terlebih dahulu objek yang akan kita union pastikan tidak ada lagi yang salah.


·         Menggunakan Union pada 2 objek yang berbeda
Pada gambar dibawah ini terdapat dua objek yang telah tergabung. Persegi Panjang dan Ico Sphere yang telah menggunakan fungsi Union terlihat seperti kedua gambar dibawah ini.
          



·         Menggunakan Union pada 2 objek yang sama
Pada gambar dibawah ini terdapat dua objek yang sama telah tergabung. Piramida yang telah menggunakan fungsi Union terlihat seperti kedua gambar dibawah ini.
   


2.     Difference

Difference merupakan fungsi Boolean dimana objek A dipotong atau dikurangi oleh besarnya bagian dari objek B yang bersentuhan langsung dengan dengan objek A.




·         Menggunakan Difference pada 2 objek yang berbeda
Pada gambar dibawah ini terdapat dua objek yang telah dikurangi. Persegi Panjang dan Ico Sphere yang telah menggunakan fungsi difference terlihat seperti kedua gambar dibawah ini.
              

·         Menggunakan Difference pada 2 objek yang sama
Pada gambar dibawah ini terdapat dua objek yang sama telah dikurangi. Piramida yang telah menggunakan fungsi difference terlihat seperti kedua gambar dibawah ini.
             
        



3.     Intersect
Intersect merupakan fungsi Boolean dimana objek A yang bersentuhan atau beririsan dengan objek B diambil menjadi sebuah objek yang baru.

·         Menggunakan Intersect pada 2 objek yang berbeda
Pada gambar dibawah ini terdapat dua objek yang telah diiris dan menciptakan sebuah objek baru. Persegi Panjang dan Ico Sphere yang telah menggunakan fungsi intersect terlihat seperti kedua gambar dibawah ini.
         



·         Menggunakan Intersect pada 2 objek yang sama
Pada gambar dibawah ini terdapat dua objek yang sama telah diiris dan menciptakan sebuah objek baru. Piramida yang telah menggunakan fungsi intersect terlihat seperti kedua gambar dibawah ini.

                

Disusun oleh kelompok yang terdiri dari :
Anomsari (51414419)
Defiyanto Putra Dipo (52414641)
Ilham Maulana (55414181)
Muhammad Farras Avianto (57414230)
Rohmat Gunawan (59414780)



Komentar

Postingan Populer