Implementasi Fungsi Modifier Boolean Pada Blender
Constructive Solid Geometry (CSG) adalah
suatu teknik yang digunakan dalam solid modeling serta sering kali namun tidak
selalu, digunakan dalam komputer grafis 3D dan CAD. CSG memungkinkan modeler untuk
membuat objek atau permukaan yang kompleks dengan menggunakan operator
Boolean untuk menggabungkan objek tersebut. Dalam beberapa kasus, CSG
ditampilkan dalam jaring-jaring polygonal dan mungkin juga prosedural atau
parametrik.
Benda padat yang
paling sederhana untuk ditampilkan disebut primitif yang biasanya
berbentuk objek sederhana seperti kubus, prisma, silinder, piramida, bola dan
kerucut.
Sebuah objek dibangun dari sebuah primitif dengan cara Operasi Boolean yang terdiri dari union, difference, dan intersect. Dan berikut ini adalah pembuatan CSG dengan operasi Boolean menggunakan software Blender.
Sebuah objek dibangun dari sebuah primitif dengan cara Operasi Boolean yang terdiri dari union, difference, dan intersect. Dan berikut ini adalah pembuatan CSG dengan operasi Boolean menggunakan software Blender.
-
Objek dasar yang digunakan
Objek
dasar yang digunakan untuk melakukan fungsi Modifier Boolean terdapat Persegi
Panjang dan Ico Sphere pada Gambar 1 dan objek dasar yang sama yaitu piramida
pada Gambar 2. Untuk menggunakan fungsi Modifier Boolean dapat menggunakan Modifier
-> Boolean -> Seleksi salah
satu objek -> pilih operasi (union, difference, intersect) -> pilih nama objek
yang akan digabungkan -> Klik Apply.
Gambar
1
Gambar
2
1. Union
Union merupakan fungsi Boolean dimana
objek A dan Objek B digabungkan menjadi satu bagian atau satu objek yang utuh.
Union dapat menggabungkan beberapa buah objek menjadi satu buah objek yang
utuh. Objek yang telah di union akan menjadi satu kesatuan yang tidak dapat
dipisahkan lagi, untuk itu hati-hati dalam melakukan union, cek terlebih dahulu
objek yang akan kita union pastikan tidak ada lagi yang salah.
·
Menggunakan Union pada 2 objek yang
berbeda
Pada
gambar dibawah ini terdapat dua objek yang telah tergabung. Persegi Panjang dan
Ico Sphere yang telah menggunakan fungsi Union terlihat seperti kedua gambar
dibawah ini.
·
Menggunakan Union pada 2 objek yang sama
Pada
gambar dibawah ini terdapat dua objek yang sama telah tergabung. Piramida yang
telah menggunakan fungsi Union terlihat seperti kedua gambar dibawah ini.
2. Difference
Difference merupakan fungsi Boolean dimana
objek A dipotong atau dikurangi oleh besarnya bagian dari objek B yang
bersentuhan langsung dengan dengan objek A.
·
Menggunakan Difference pada 2 objek yang
berbeda
Pada
gambar dibawah ini terdapat dua objek yang telah dikurangi. Persegi Panjang dan
Ico Sphere yang telah menggunakan fungsi difference terlihat seperti kedua
gambar dibawah ini.
·
Menggunakan Difference pada 2 objek yang
sama
Pada gambar dibawah ini terdapat dua
objek yang sama telah dikurangi. Piramida yang telah menggunakan fungsi
difference terlihat seperti kedua gambar dibawah ini.
3. Intersect
Intersect merupakan fungsi Boolean
dimana objek A yang bersentuhan atau beririsan dengan objek B diambil menjadi
sebuah objek yang baru.
·
Menggunakan Intersect pada 2 objek yang
berbeda
Pada gambar dibawah ini terdapat dua
objek yang telah diiris dan menciptakan sebuah objek baru. Persegi Panjang dan
Ico Sphere yang telah menggunakan fungsi intersect terlihat seperti kedua
gambar dibawah ini.
·
Menggunakan Intersect pada 2 objek yang
sama
Pada gambar dibawah ini terdapat dua
objek yang sama telah diiris dan menciptakan sebuah objek baru. Piramida yang
telah menggunakan fungsi intersect terlihat seperti kedua gambar dibawah ini.
Disusun
oleh kelompok yang terdiri dari :
Anomsari (51414419)
Defiyanto Putra
Dipo (52414641)
Ilham Maulana
(55414181)
Muhammad Farras
Avianto (57414230)
Rohmat Gunawan
(59414780)
Komentar
Posting Komentar